1. DESKRIPSI
BISNIS
Ildamborneo Accecories
& Culture merupakan nama dari bisnis
yang kami jalani yaitu bisnis aksesoris.
Bisnis aksesoris memiliki peluang yang sangat baik. Banyak orang yang
menjadikan aksesoris sebagai cenderamata atau sesuatu yang menjadi ciri khas
seseorang. Aksesoris mempunyai peranan penting dalam mendukung
penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri pada orang yang memakainya,
sehingga saat ini aksesoris dianggap sebagai kebutuhan. Di kota Pontianak ini banyak sekali toko yang menjual aksesoris yang bersifat
modern namun tidak memberikan unsur budaya. Aksesoris yang akan kami produksi
bersifat unik dan fashionable sesuai trend mode yang berkembang. Dalam hal
ini kami lebih mengutamakan produk dengan unsur kebudayaan Tionghoa yang berupa
simpul dengan kreasi manik dan anyaman Dayak. Jadi salah satu kunci
keberhasilan produk yang kami adalah
desain. Banyak orang yang memburu aksesoris tertentu sampai ke berbagai negara
di dunia, walaupun ditawarkan dengan harga yang tinggi. Hal tersebut
dikarenakan, aksesoris tersebut memiliki nilai ciri khas dan kualitas yang
baik. Dan kebanyakan aksesoris demikian merupakan hasil kebudayaan asli negara
tersebut.
Dalam mengembangkan
bisnis ini, kami memiliki sumber daya manusia yag berkompeten dalam bidang seni
dan desain. Kami juga mempunyai jaringan
kerja diluar daerah seperti Bandung, Jakarta, Bali dan tingkat internasional
Malaysia dan Belanda. Bisnis ini tentunya
tidak hanya bermanfaat bagi kami sendiri dalam mengembangkan jiwa
entrepreneur dan Franchising yang
kami dapatkan tetapi juga masyarakat Kalimantan Barat khususnya Pontianak .
Karena produk yang akan kami hasilkan merupakan ciri khas atau identitas dari
daerah Kalimantan Barat ini. Sesuatu yang modern dan up to date tidak harus berasal dari luar, tapi justru berasal dari
daerah itu sendiri. Bisnis ini pula kami jadikan salah satu bisnis online untuk meningkatkan keuntungan dan
memperkenalkan budaya tanpa batas.
2. LINGKUNGAN
BISNIS YANG DIHADAPI
Dalam menjalankan bisnis aksesoris dengan khas
budaya asli daerah ini, tentunya kami dihadapkan pada lingkungan yang
kompetitif sekali dengan globalisasi yang menambah tingkat persaingan pula
antar berbagai usaha-usaha yang bidangnya sama halnya dengan kami. Dalam
menghadapi lingkungan ini kami akan selalu melalukan evaluasi untuk mengetahui
perubahan lingkungan yang terjadi. Secara intern, lingkungan yang kami hadapi
dalam bisnis berdasarkan kompleksitas
usaha aksesoris ini tergantung pada lingkup dan skala usaha yang kami jalani
yang bermuara pada supplier, karyawan, pelanggan ataupun distributor bisnis ini. Namun kami selalu berinovatif dalam
mengembangkan produk ini agar selalu up
to date sesuai paradigma yang terus berkembang demi meningkatkan daya saing
dalam menghadapi lingkungan bisnis yang mungkin dapat mengancam usaha ini.
Dalam menjalani bisnis ini kami akan
memperhatikan aspek-aspek yang mendasar sekali dalam membangun usaha, seperti :
1. Aspek
Produksi
Untuk
proses produksi produk ini, kami akan membuat pos kerja yaitu tempat dimana
para pekerja akan ditugaskan untuk membuat produk yang spesifik. Aksesoris yang
akan kami produksi ini berupa ikat rambut, kalung, gelang, gantungan HP,
gantungan tas dan mobil, juga hiasan rumah dengan desain yang beragam unik
dengan unsur budaya Tionghoa dan Dayak dan dengan kualitas yang tak kalah
baiknya pula. Peralatan dan perlengkapan yang kami gunakan dalam proses
produksi ini pun terjangkau dan mudah didapatkan. Kami akan memproduksi
aksesoris ini dengan 70 macam model.
2. Aspek
Sumber Daya Manusia
Dalam
aspek ini, Ildamborneo Acc & Culture akan dikelola oleh 5 orang. 2 orang
sebagai kasir, 1 orang sebagai pendesain/ pengatur ruangan atau toko guna
kenyamanan pegawai ataupun konsumen dan 2 orang sebagai . Kami juga akan
memperkerjakan atau membuka lapangan usaha bagi masyarakat yang menjadi
pengangguran untuk dapat berinovatif pula dalam mengembangkan usaha ini dari
segi kualitas sumber daya manusia. Sehingga usaha ini nantinya dapat membantu
perekonomian masyarakat maupun pemerintah dengan mengurangi jumlah
pengangguran.
3. Aspek
Pemasaran
Target
market usaha kami ini adalah consumer (anak-anak,remaja hingga dewasa) dan
industrial. Hal ini dikarenakan peminat aksesoris pada umumnya banyak sekali. Dengan
modelnya yang unik dan beragam, harga yang kami tawarkan pun berbeda pula yaitu
dimulai dari Rp. 5.000,- hingga Rp. 250.000,-. Dengan jarigan pemasaran yang luas hingga tingkat antar
negara yaitu untuk saat ini Malaysia, tidak mustahil ratusan ribu bahkan jutaan
rupiah dapat dihasilkan setiap harinya. Dalam mempromosikan produk ini kepada
konsumen, kami akan membagikan brosur dan membuat iklan pada website untuk
lebih memudahkan memperoleh jaringan itu ataupun memasarkannya saat ada
event-event dan mengadakan pameran. Jika kelak usaha ini terus mengalami
perkembangan, kami akan mencoba memasarkan produk ini pada pasar nasional,
seperti Jakarta, Bali, Makasar dan kota lainnya guna memperkenalkan budaya
Kalimantan Barat.
4. Aspek
Keuangan
Berdasarkan
kebutuhan dana yang telah dirincikan , perkiraan penjualan dan proyeksi laba yang akan kami dapatkan dari
bisnis ini kami mempunyai dana yang
cukup untuk kebutuhan investasi. Hal ini dikarenakan bahan-bahan baku yang akan
kami gunakan terjangkau meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang banyak . Dengan
biaya pembuatan website sebesar Rp. 1.800.000,- dan pembelian bahan baku serta
habis pakai sebesar Rp. 5. 775.000,- maka kami akan menggunakan modal pribadi
milik usaha ini.
ga, izin dijadiin referensi ya..terimakasih. Sangat membantu :))
BalasHapusThanks :)
BalasHapusMantap
BalasHapus